TENTANG MERIN

BELAJAR MENGENAL DIGITAL MARKETING MELALUI TRAINING DI JAKWEBSCHOOL.COM

training digital marketing smkn21 jurusan rpl di jakwebs

Halo semuanya,

Ini blog pertama saya. Perkenalkan, saya Merin Armadani. Panggil saja Merin.

Saat ini saya sedang menempuh pendidikan sebagai seorang siswi SMK di salah satu sekolah di Jakarta. Dengan ada nya blog ini merupakan bukti bahwa saya adalah seorang siswi SMK. Apakah kalian bisa menebak jurusan apa yang saya pilih? Yap. Saya memilih jurusan RPL.

Pada tahun ajaran baru 2018, dibukanya jurusan teknik di sela-sela jurusan pemasaran, perkantoran, dan akuntansi. Menjadi angkatan pertama di sekolah merupakan tugas yang sulit. Kami sebagai angkatan pertama dituntut sebagai patokan untuk menentukan kelanjutan dari jurusan baru ini. Tidak sedikit murid yang mengalami salah jurusan, ingin pindah pun sulit. Mau tidak mau harus berlanjut sampai hari kelulusan tiba. Dan ini adalah setengah dari perjuangan saya, melaksanakan praktek kerja lapangan yang memang diwajibkan untuk para murid Sekolah Menengah Kejuruan.

Berikut adalah sedikit penjelasan mengenai RPL dan apa saja yang di ajarkan di sekolah saya.

RPL merupakan singkatan dari Rekayasa Perangkat Lunak yang memiliki keahlian dalam bidang Teknik Komputer dan Informatika yang secara khusus mempelajari tentang pemrograman komputer. Sedikit mirip dengan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) yang mempelajari tentang perangkat keras suatu komputer dan mengenal fungsinya. Sedangkan RPL mempelajari lebih dalam lagi mengenai perangkat lunak, yaitu tentang cara membuat suatu website yang dapat bekerja sebagai mana mestinya, membuat desain web, membuat aplikasi mobile, membuat game dan masih banyak lagi.

Untuk dasarnya, pada kelas 10 diajarkan Sistem Komputer yang mempelajari tentang cara mengolah data hingga menghasilkan suatu informasi. Pemrograman Dasar yang mempelajari dasar-dasar bahasa pemrograman dan mencoba untuk membuat website menggunakan bahasa html. Kemudian Komputer Jaringan Dasar yang mempelajari dan mempraktekan tentang perangkat keras dari komputer dan jaringan, yaitu merakit CPU, memasang kabel UTP pada konektor RJ45. Dan yang terakhir adalah Desain Grafis, disini mempelajari tentang cara mendesain suatu logo, poster, karikatur, dan lain sebagainya. Adanya mata pelajaran desain grafis ini kelas RPL dipercaya oleh sekolah atau guru-guru untuk membuatkan logo atau poster untuk acara-acara di sekolah.

Kemudian pada kelas 11 semester ganjil, para murid diharuskan untuk mempersiapkan bekal ilmu yang nantinya akan digunakan untuk melaksanakan PKL di semester genap. Ilmu yang dipersiapkan selama enam bulan di semester ganjil yaitu mengenal tentang XAMPP yang biasanya digunakan untuk mengkoneksikan dan mengolah suatu database yang ada di website, kemudian belajar Java Script, mengupgrade pembuatan website dengan menggunakan HTML dan CSS, membuat diagram atau algoritma menggunakan Microsoft Visio setelah itu mengapilasikannya ke Java. 

Dan tiba lah waktunya untuk para murid SMK melaksanakan kewajiban Praktek Kerja Lapangan selama tiga bulan. Bagi yang bukan angkatan pertama mungkin untuk mencari tempat PKL itu mudah karena sudah memiliki koneksi dari angkatan sebelumnya. Sedangkan bagi angkatan pertama seperti saya, mencari tempat PKL itu sangat sulit dan sekolah ingin tempat PKL yang dipilih harus sesuai dengan jurusannya.

Setelah melalui perjalanan yang rumit untuk mendapatkan PKL agar sesuai jurusan, akhirnya saya memutuskan untuk PKL di Jakwebs yang dekat dengan sekolah. Harapan saya sebagai angkatan pertama adalah dapat membuktikan kepada sekolah bahwa RPL bisa menjadi lulusan yang baik, untuk angkatan berikutnya semoga tidak ada lagi yang salah jurusan dan dapat menjaga nama baik sekolah. Pesan saya untuk sekolah semoga dapat menyediakan fasilitas untuk jurusan baru ini agar murid lebih giat dalam menuntut ilmu dan belajar.


APA ITU JAKWEBSCHOOL?


Sebelumnya saya pernah ditawarkan untuk belajar di Jakwebschool pada saat saya kelas 10. Akan tetapi saya menolak tawaran tersebut, karena pada saat itu saya sedang memfokuskan diri untuk belajar agar tidak merasa salah jurusan. Awalnya saya berencana untuk belajar disini setelah pulang PKL karena memang disini tidak membuka PKL. Tapi entah keberuntungan dari mana, saya dapat melaksanakan tugas sekolah saya di Jakwebs sehingga tidak perlu menunggu setelah pulang PKL untuk belajar disini.

Jakwebs merupakan singkatan dari Jakata Key Website yang memiliki arti sebagai tempat website untuk menjadi kunci kesuksesan melalui digital. Selain itu Jakwebs juga memiliki Jakwebschool yang menyediakan kursus belajar secara online melalui youtube atau website. Jakwebschool dapat diakses kapan saja dan dimana saja apabila sudah memiliki paket kursus. Dengan adanya Jakwebschool dapat memudahkan setiap orang yang ingin belajar digital marketing. 

Alasan ingin PKL di Jakwebs adalah selain dapat belajar digital marketing, kita akan diperkenalkan pada tujuh materi untuk mendalami digital marketing. Salah satunya adalah Web Desain. Dilihat dari tulisannya pun sudah sangat meyakinkan bahwa saya memilih tempat yang sesuai dengan jurusan saya. Apabila memilih tempat PKL yang tidak sesuai dengan jurusan, murid PKL biasanya akan disuruh untuk fotocopy berkas-berkas, membuatkan kopi untuk karyawan, atau bahkan tidak memiliki pekerjaan apapun. Berbeda apabila memilih tempat yang sesuai dengan jurusan, kita akan mendapatkan banyak ilmu dan manfaat yang dapat dijadikan bekal atau diterapkan pada dunia kerja yang sesungguhnya.

Selain membuka kursus belajar online, Jakwebs juga membuka jasa pembuatan website untuk kalian yang ingin memulai usaha baru secara digital. Disinilah nanti kita akan membantu untuk membuatkan website sekaligus melaksanakan praktek tersebut.


KENAPA KITA BELAJAR DIGITAL MARKETING?



Saat ini segala aspek kehidupan pasti serba digital, seperti banyaknya e-commerence yang dilihat dari situs website ataupun aplikasi berbelanja online. Digital marketing merupakan teknik pemasaran yang menggabungkan teknologi, konten, analisis, dan cara pemasaran. Dengan belajarnya digital marketing, mempermudahkan kita untuk mendapatkan keuntungan yang sangat bermanfaat untuk kita. Belajarnya pun sangat mudah. Banyak artikel-artikel yang membahas tentang digital marketing. Jika ingin belajar digital marketing lebih banyak lagi, kalian bisa mencari tempat kursus belajar digital marketing atau kalian dapat pergi ke website Jakwebschool.com yang belajarnya secara online.

Ada tujuh materi digital marketing yang akan kita pelajari di Jakwebs, yaitu :
1. Artikel Website : Melakukan survei kata kunci dan bagaimana membuat konten atau artikel yang berkualitas.
2. SEO (Search Engine Optimization) : Belajar bagaimana teknik seo onpage dan seo offpage bekerja dan melakukan prakteknya.
3. SEM (Search Engine Marketing) : Belajar bagaimana search engine marketing dilakukan khususnya google adword.
4. SMM (Social Media Marketing) : Belajar lebih dalam lagi mengenai Social media marketing terhadap popularitas dan efektifitas dalam melakukan promosi SMM.
5. Web Desain : Membuat desain template website responsive dan menarik dengan blog engine google platform dan Blog engine Wordpress (CMSS).
6. Video Promosi : Belajar bagaimana video dapat bekerja dan menjadi salah satu alat dalam membidik pasar.
7. Application Tool Training : Peralatan yang dibutuhkan untuk proses dalam melakukan kegiatan dan menerapkan promosi digital di internet mulai dari editing gambar, video dan proses optimasi website.

Sekarang banyak sekali perusahaan besar yang membuka lowongan pekerjaan dengan memiliki skill digital marketing. Jadi dengan belajar digital marketing ini kita sudah dapat banyak manfaat dan juga peluang dalam menambah ilmu dan wawasan yang nantinya dapat digunakan untuk masa depan kita.

Demikian untuk blog pertama saya, semoga apa yang saya ceritakan disini dapat diambil point-point pentingnya. Dan saya mohon bantuan dari para pembaca untuk memberikan kritik dan saran untuk tulisan saya, agar kedepannya bisa saya perbaiki dan dapat dimengerti oleh pembaca yang lain. Terimakasih.

Komentar

  1. Did you hear there's a 12 word sentence you can tell your man... that will induce intense feelings of love and impulsive attraction for you deep within his chest?

    Because deep inside these 12 words is a "secret signal" that fuels a man's instinct to love, adore and guard you with his entire heart...

    =====> 12 Words Will Fuel A Man's Desire Response

    This instinct is so hardwired into a man's brain that it will drive him to work harder than before to do his best at looking after your relationship.

    Matter of fact, fueling this mighty instinct is so mandatory to having the best ever relationship with your man that the moment you send your man one of these "Secret Signals"...

    ...You will instantly find him open his soul and heart to you in such a way he's never experienced before and he'll distinguish you as the only woman in the galaxy who has ever truly understood him.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

BELAJAR SEO ON PAGE

BELAJAR SEO OFF PAGE